HMD Umumkan Pemenuhan dan Kepatuhan Terhadap Persyaratan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN)

Hal ini sekaligus menandai dimualinya peoduksi Smartphone Nokia di Pabrik Sat Nusapersada Tbk, Batam, Provinsi Kepulauan Riau.


Anambaspos.com – Batam, HMD Global yang merupakan rumah bagi ponsel Nokia, menegaskan kembali komitmennya terhadap pasar Indonesia dengan mengumumkna pemenuhan persyaratan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dan dimulainya produksi Smartphone Nokia di Indonesia. Acara Pengumuman ini dihadiri oleh Igusti Putu Suryawirawan, Selaku Direktur Jendral untuk Industri Logam, Mesin, Alat Transfortasi dan Elektronika, H. Nurdin Basiru (Gubernur Provinsi Kepulauan Riau ), Florian Seiche ( Chief Executive Officer HMD), Muhammad Rudi, SE ( Walikota Batam) dan para tamu kehormatan lainnya, serta para mitra bisnis lokal dan media.

“Bagi HMD, Indonesia merupakan pasar yang  sangat penting di Asia. Untuk itu kami berkomitmen untuk mengembangkan bisnis, dan mematuhi kebijakan dan peraturan-peraturan pemerintah yang ada. Merek Nokia telah lama dikenal melalui Invasi dan keberagaman design ponselnya. Di era ponsel pintar (smartphone) saat ini, Nokia memasuki babak baru dimana HMD menggabungkan merek Nokia yang Ikonik dengan pengguna sistem operasi Android terbaru. Smartphone Nokia  dengan fitur-fiturnya yang unik akan menghadirkan Pengalaman baru yang sesuai dengan harapan pelanggan Smartphone Nokia – Yaitu Kualitas, Kehandalan dan Kemudahan dalam penggunaan.” Ujar Florian Seiche, Chief Executive Officer HMD Global.

Dalam Pidatonya, I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjend Industri Metal, Mesin, Peralatan Transfortasi dan Elektroni, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Mengkonfirmasi pemenuhan HMD akan menjadi persyaratan komponen lokal minimum 30% dan menghargai upaya yang dilakukan HMD untuk bekerja sama dengan para mitra lokal dalam memenuhi persayaratan TKDN.

Dengan adanya fasilitas produksi baru di Pabrik PT. Sat Nusapersada Tbk. di Batam, serta kolaborasi dengan PT. Tata Sarana Mandiri (TSM) sebagai mitra design lokal, HMD telah memenuhi persyaratan TKDN sebesar 30,52%.

“Kami merasa sangat terhormat ditunjuk menjadi mitra lokal pembuatan smartphone Nokia di Indonesia. Nokia adalah merk yang bergengsi, dengan catatan sejarah yang sudah terbukti dan kami sangat antusias untuk memulai perjalanan yang menyenangkan dengan HMD Nokia dan berharap dapat terus mengembangkan hubungan kemitraan ini di tahun-tahun mendatang,” Ungkap Abidin Presiden Direktur PT. Sat Nusa Persada Tbk.

Hasan Aula, Chief Executive Officer PT. Erajaya Swasembada Tbk. – Mitra distributor telepon Nokia di Indonesia mengatakan ” Hubungan kerjasama kami dengan Nokia telah terjalin sejak lama. Kali ini, kerjasama kami memasuki tingkat kolaborasi yang lebih tinggi, lebih strategis dan lebih maju. Kehadiran Smartphone Nokia tentu akan menambah pilihan bagi konsumen Indonesia untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya.”

Sam Ali, Chief Executive Officer PT. Tata Sarana Mandiri Tbk, Menambahkan, “Merupakan suatu kehormatan bagi kami dapat menjadi bagian dari proyek ini dan bermitra dengan HMD. Kami berharap hubungan kerjasama ini dapat terus terjalin dan memberikan manfaat bagi pengembangan bisnis Smartphone Nokia di Indonesia.”

Dalam acara tersebut, HMD juga mengumumkan rencana peluncuran Smartphone baru Nokia, yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Tanggal 14 September 2017. Smartphone Nokia akan tersedia untuk pasar Indonesia segera setelah resmi diumumkan. Rangkaian Smartphone baru Nokia akan mengusung sistem operasi Android dan menghadirkan pengalaman berbeda bagi para penggunanya dengan menggabungkan teknologi terbaik, desain unik dan pilihan-pilihan hiburan yang menarik dengan pengalaman Android yang menakjubkan.

Direncanakan Nokia akan memproduksi beberapa Varian seperti Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6 dan Nokia 8, Namun untuk Nokia 8, masih belum dipastikan apakah akan di pasarkan di indonesia atau tidak, karena untuk Nokia 8, dikhususkan untuk pasar Eropa seperti Inggris. (red/Gd)